CB Blogger
NAMEPHOLOGY Updated at:

Entri yang Diunggulkan

Introspeksi, Evaluasi, pengembangandiri melalui Nama, angka ,budaya Agama dan logika

Namephology nama ilmu yang memiliki cara tersendiri dalam membaca atau menngidentifikasi baik itu karakter, kondisi dan hubungan sekaligus...

Kamis, 27 Mei 2021

Manusia dan Alam ( Human and Nature )




 Manusia dan Alam

 ( Human and Nature )

   Alam semesta (disebut pula jagat raya atau universum adalah seluruh ruang waktu kontinu     tempat kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya. Usaha untuk memahami        pengertian alam semesta dalam lingkup ini pada skala terbesar yang memungkinkan pada kosmologi ilmu pengetahuan yang berkembang dari fisika dan astronomi

Nicolaus Pada pertengahan terakhir abad ke-20, perkembangan kosmologi berdasarkan pengamatan, juga disebut fisika kosmologi mengarahkan pada pembagian kata alam semesta ini, antara kosmologi pengamatan dan kosmologi teoritis yang (biasanya) para ahli menyatakan tidak ada harapan untuk mengamati keseluruhan dari ruang waktu kontinu kemudian harapan ini dimunculkan, mencoba untuk menemukan spekulasi paling beralasan untuk model keseluruhan dari ruang waktu mencoba mengatasi kesulitan dalam mengimajinasikan batasan empiris untuk spekulasi tersebut dan risiko pengabaian menuju matematika
Alam Semesta juga dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dianggap ada secara fisik, seluruh ruang dan waktu dan segala bentuk materi serta energi. Istilah semesta atau jagat raya dapat digunakan dalam indra kontekstual yang sedikit berbeda, yang menunjukkan konsep-konsep seperti kosmos dunia atau alam.
Alam dalam pandangan islam :  Alam adalah segala sesuatu yang ada atau yang dianggap ada oleh manusia di dunia ini, selain Allah beserta Dzat, sifat, Asma dan Af'alnya Alam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah alam ghoib dan alam syahadah yang dalam bahasa sehari-hari disebut sebagi alam semesta.
Alam semesta merupakan ciptaan Allah yang diurus dengan kehendak dan perhatian Allah. Allah menciptakan alam semesta ini dengan susunan yang teratur dalam aspek biologi, fisika, kimia, dan geologi beserta semua kaidah sains. Definisi dari alam semesta itu sendiri adalah segala sesuatu yang ada pada diri manusia dan di luar dirinya yang merupakan suatu kesatuan sistem yang unik dan misterius.

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Menurut pandangan Al Quran, penciptaan alam semesta dapat dilihat pada surat QS-Al Anbiya ayat 30. “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, Kemudian kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Bumi sebelumnya adalah planet yang mati dan Allah menghidupkannya dengan menurunkan air dari langit. “Dan Allah menurunkan dari langit air dan dengan air itu dihidupkannya bumi sesudah matinya.” (QS`An Nahl ; 65).

Pertanyaannya adalah darimana air ini berasal ? Padahal waktu itu belum ada awan yang bisa menghasilkan hujan, belum ada langit yang bisa menahan uap air. Maka satu-satunya kemungkinan asal air adalah dari Arasynya Allah.

Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar kuasa menghilangkannya.”( QS Al- Mu’minun ; 18 )

Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup, Maka mengapakah mereka tiada juga beriman“ ( QS. Al-Anbiya ;30 ).

Maka Kami tumbuhkan dengan air itu berjenis-jenis tumbuhan yang bermacam-macam “ ( QS Tha Ha ; 53)

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air … (QS An Nur ; 45).

Penjelasan Ayat-ayat tersebut bermaksud menjelaskan kepada kita bahwa setelah air diturunkan ke bumi, maka sebelum Allah ciptakan hewan, tentunya yang terlebih dahulu Allah cipakan adalah tumbuh-tumbuhan sebagai cadangan makanan hewan. Kemudian hewan-hewan ada juga yang menjadi cadangan makanan untuk hewan-hewan predator. Semua jenis hewan, baik burung maupun hewan darat, ternyata menurut ilmu pengetahuan memang asal-usulnya dari hewan air.

Dari berbagai penjelasan diatas lalu bagaimana kita harus memperlakukan alam semesta ini? Yang harus kita lakukan adalah sbb :

1. Prinsip Tanggung Jawab. Manusia mempunyai tanggung jawab baik terhadap alam semesta seluruhnya dan integritasnya, maupun terhadap keberadaan dan kelestariannya. Setiap bagian dan benda di alam semesta ini diciptakan oleh Tuhan dengan tujuannya masing-masing, terlepas dari apakah tujuan itu untuk kepentingan manusia atau tidak. Oleh karena itu, manusia sebagai bagian dari alam semesta, bertanggung jawab pula untuk menjaga dan melestarikannya.

2. Prinsip Solidaritas Manusia adalah bagian integral dari alam semesta. Lebih dari itu, dalam perspektif ekosentrisme, manusia mempunyai kedudukan sederajat dan setara dengan alam dan semua makhluk lain di alam ini. Kenyataannya alam mampu membangkitkan perasaan dalam diri manusia, perasaan solider, perasaan sepenanggungan dengan alam dan dengan sesama makhluk hidup lain yang ada dimuka bumi

3. Prinsip Kasih Sayang dan Kepedulian terhadap Alam. Apabila sudah tertanam prinsip ini pada setiap hati manusia, maka pastilah yang ada hanya rasa untuk mencintai, menyayangi, dan melestarikan alam semesta dan seluruh isinya, tanpa diskriminasi dan tanpa dominasi. Kasih sayang dan kepedulian ini juga muncul dari kenyataan bahwa semua makhluk hidup mempunyai hak untuk dilindungi, dipelihara, tidak disakiti, dan dirawat.

Manusia di ciptakan dari segumpal tanah hitam : Manusia ya,, Manusia,,, itulah nama salah satu dari sekian banyak nama mahluk hidup yang menjadi topik bahasan, yang sangat menarik untuk kita baca dan kita pelajari khususnya di bidang karakter dan kepribadiannya. Manusia adalah nama sebutan salah satu mahluk hidup yang diciptakan allah swt, tuhan semesta alam. Manusia mahluk hidup yang paling sempurna dibandingkan mahluk lain yang ada dimuka bumi, baik dari bentuk pisik, rupa, terlebih dari sudut keberpungsiannya karena dilengkapi akal yang tidak diberikan kepada mahluk lain.

Manusia yang pertama kali diciptakan oleh Allah swt, selain bumi dan langit, malaikat , jin dan iblis kemudian adalah Nabi Adam as sebagai manusia pertama,  sedangkan manusia selanjutnya setelah Nabi Adam as, ialah yang bernama Siti Hawa sebagai istri Nabi Adam as. Hal tersebut dapat kita ketahui bersama  dengan cara membaca al Al'Qur'an  seperti yang diterangkan Qs : Al Hijr ayat 26, dengan membaca sejarah Nabi Adam as, kita akan mendapat berbagai ilmu pengetahuan tentang sejarah bagaimana penciptaan Nabi Adam as, dan Siti hawa sebagai istrinya. Selain kita mengetahui tentang bagaimana proses penciptaan Nabi Adam as sama istrinya Siti Hawa, kita juga jadi mengetahui lebih banyak perihal dialog Allah swt, dengan para malaikat sebelum Allah swt menciptakan Nabi Adam as,

Seperti yang dijelaskan dalam QS Al-Hijr ayat 26, Nabi Adam berasal dari tanah liat yang kemudian ditiupkannya roh kedalamnya. Ia merupakan makhluk sempurna yang dibekali ilmu pengetahuan.

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal dari lumpur hitam) yang diberi bentuk," demikian terjemahan ayat tersebut.

Sementara itu, diterangkan dalam QS Al Baqarah ayat 30, penciptaan Nabi Adam as sempat dipertanyakan oleh malaikat yang menyimpan kekhawatiran tentang manusia.

Ya Allah,,, "Mengapa Engkau hendak menciptakan manusia.  Bukankah manusia itu hanya akan berbuat merusak di atas bumi, saling membunuh dan bermusuhan satu sama lain, sedangkan Engkau tahu bahwa kami selalu berzikir dan mengagungkan asma-Mu ya Allah” Allah swt menjawab, Hanya aku yang mengetahui, sedangkan kamu tidak memiliki pengetahuan.

Disitu pula kita bisa mengatahui awal mula adanya pembangkangan terhadap Allah swt sebagai al khalik. dan itu dapat kita ketahui juga dengan cara membaca  selain Al Quran dan atau kitab kitab sebelum al Al'Quran, salah satu dari sekian banyak isi dialog Allah swt dengan para malaikat, ialah; pada saat Allah swt, memerintahkan kepada malaikat turun kebumi untuk mengambil tanah liat yang kering kotor dan bau serta menjijikan. kemudian beberepa dari malaikat turun ke bumi untuk melaksanakan perintah tersebut, kemudian malaikat kembali menghadap Allah swt, sambil memberikan tanah tersebut. kemudian Allah swt meniupkan roh kepada tanah tersebut, maka jadilah Adam dan hidup hingga beribu ribu tahun lamanya hingga saat ini adanya kita sebagai manusia seperti kita sekarang ini adalah ciptaan Allah swt. dan disitu pula mulai ada pembangkangan lain terhadap Allah swt, ialah padasaat malaikat diperintah sujud terhadap Nabi Adam as, Sebagian dari malaikat dengan sombongnya menolaknya, ia  (malaika) (memilih jadi syaiton daripada harus sujud kepada Nabi Adam as. denganberbagai alasan, salah satu alasannya ialah, ia merasa lebih sempurna karena terbuat dari api, mangka dari situ pulalah mulai adanya syaiton laknattuloh

Dari sejarah itulah kita semua dapat mengetahui bagaimana erat dan kentalnya hubungan antara Allah swt sebagai pencipta, malaikat sebagai utusan, Alam sebagai bahan dan Nabi Adam as dan Siti Hawa sebagai ciptaannya,, dan dari situ pula kita juga menjadi tau tentang awal mula adanya pembangkangan terhadap Allah swt dan dari situ pula mulai adanya yang namanya syaiton.
 Perbedaan penciptaan. Dari pelajaran tersebut diatas, maka kita semua menjadi tau, bahwa       penciptaan mahluk hidup yang bernama manusia seperti kita saat ini sangatlah berbeda, dibandingkan   dengan pada saaat Allah swt menciptakan Nabi Adam as dengan kita sebagai manusia yang sama sama   sebagai ciptaan Allah swt. kemudian apa yang membedakan ? untuk mengetahui lebih jauhnya, mari      kita bahas bersama sama.
 
    Untuk tau lebih jauh tentang perbedaan Allah swt dalam proses menciptakan Adam dan manusia     selanjutnya, mari kita telusuri dengan cara, pertama tama mari kita kosongkan terlebih dahulu pikiran     kita dan jangan membawa dulu baik itu kepandaian atau kepintaran kita, tapi simak saja terlebih dahulu  dan gunakan akal sehat kita sebagai manusia yang diberi kelebihan yaitu yang bernama akal.

Perjalanan hidup kita sebagai manusia sangatlah berbeda beda, kita tidak tau kapan kita mulai berada dalam kandungan orang tua kita, dan kita tidak pernah tau kapan kita dilahirkan, kita tidak pernah tau kapan ke dua orang tua kita bertemu, dan kita tidak tau kapan ke dua orang tua kita melakukan menikahan, dan kita juga tidak pernah tau seperti apa bentuk pernikahan ke dua orang tua kita, 

Kita sebagai manusia selanjutnya setelah ke dua orang tua kita, kita tidak pernah memohon dan meminta kepada ke dua orang tua kita untuk dilahirkan dimana dan cara seperti apa kita dilahirkan, kita juga tidak memilih siapa orang tua kita, tidak meminta dimana mereka harus bertemu, kita juga tidak meminta kepada ke dua orang tua kita harus dilahirkan harus dirumah sakit atau dirumah, kita juga tidak meminta dilahirkan dibidan, atau oleh dokter, kita juga tidak meminta diberitahu dulu sebelumnya bagaimana kedua orang tua kita pada saat dia mau melahirkan kita, kita juga tidak pernah tau bagaimana kondisi kedua orang tua kita pada saat mereka melahirkan kita, demikian pula kejaadian pada saat Nabi Adam as dan Siti Hawa di ciptakan, keduanya tidak tahu menahu,, tau tau ada...

Mulai ada pembangkangan dan protes:

Setelah Allah swt memberitakan dan menyampaikan kepada para malaikat, bahwa allah swt akan menciptakan Adam, ternyata tidak semua para malaikat itu setuju dan ada yang protes. pedahahal para malaikat itu tadinya selalu taat dan patuh selalu menjembah, tiba-tiba jaadi pembangkan dan tidak patuh atau setuju dan tidak semua malaikat tunduk dan taat kepada Allah swt, dengan sombongnya sebagian malaikat protes tidak taat kepada Allah swt sebagai penciptanya. bahkan memilih menjadi saiton seperti yang telah dijelaskan muka. untuk menggoda semua anak cucu Adan dan hawa agar terjerumus kedalam kesesatan. dan Allah swt mengijinkan kepadanya syaiton, untuk menggoda anak cucu Adam as dan Siti hawa, dengan catatan tidak boleh mengganggu orang orang yang beriman kepada ku, mulai dari saat itu juga malaikat yang membangkan di usir dari surga oleh Allah swt. begitu pula kejadian Nabi Adam as turun kebumi karena beliau kena bujuk rayu idazil laknattuloh, hingga berbuat dosa, Nabi Adam as di usir dari surga, di suruh dari surga, disuruh tinggal dibumi hingga waktu yang belum ditentukan, dengan dibekali doa supaya bisa bertemu Siti hawa. Maka dipertemukan kembalilah Nabi Adam AS dengan Siti Hawa di padang arafah, yang sekarang nama tempat itu suka di datengin dari berbagai juru negara pada saat mereka naik haji dan umroh

Mulai adanya pembangkangan dan pembunuhan.

Sejarah mulai adanya pembangkan anak terhadap kedua orang tua ialah, dimulai pada saat Nabi Adam as, memutuskan untuk menikahkan anak anaknya, semula anak-anaknya pada berdiam dan tertegun dengan wajah yang sumringah hatinya merasa senang dan bahagia mendengar kedua orang tuanya akan menikahkan mereka, akan tetapi seketika berubah pada saat Nabi Adan as memutuskan menyilang ke empat anak-anaknya yang bernama Qobal, dan Qobil, Iglina dan Nabila, qobal yang merasa paling besar menolak keputusan ayahnya, disitulah mulai ada pembunuhan,, yaitu kaka membunuh adik,,, di situ pula mulai ada makluk lain selain manusia di antaranya kambing hasil ternak dan burung yang memberi contoh bagaimana cara menguburkan atau memakamkan orang yang meninggal.

Perbedaan penciptaan Adam as, Siti hawa dan manusia selanjutnya

Perbedaan penciptaan Adam as sebagai Manusia pertama, Siti hawa sebagai Manusia ke dua yang diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam as, kemudian bagaimana sejarah penciptaan kita semua sebagai Manusia selanjutnya ?

KIta sebagai Manusia yang notabenenya mahluk hidup yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk lain yang ada dimuka bumi, baik dari bentuk pisik, beentuk rupa yang dilengkapi panca indera serta akal yang tiddak diberikan kepada mahluk lain, seharusnya kita lebih bersyukur dan lebih menyayangi mahluk maluk lain,

Allah swt dalam penciptaan kita sebagai Manusia setelah Siti Hawa

Kita sebagai Manusia selanjutnya setelah Siti Hawa. lalu pendahulu-pendahulu kita, kemudian Nenek moyang, kake nene, ayah ibu kemudian kita yang selanjutnya. Kita semua pasti sepakat, bahwa kita semua pasti pernah mengalami masa bayi, yaitu masa baru dilahirkan, dimana pada masa bayi kita tidak menyadari kalo kita berasal darima dan seperti apa, maklum namanya juga bayi, tidak minta makan, minum, tidak memilih tempat dimana kita harus makan dan minum, diberimakan minum atau tidak itu semua terserah kedua orang tua kita, selain itu juga tidak meminta harus dimana dan tidak mengenal waktu dan tempat. akan tetapi sebagai orang tua laki-laki yang disebut ayah senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan si istri sebagai bentuk rasa kasih sayang suami terhadap istri yang telah berjuang menjaga kehamilan selama sembilan bulan, lalu perang jihad menahan rasa sakit melahirkan anak yang di cita-citakan, sementara si ayah juga menanti kabar sambil berharap-harap cemas tentang keselamat istri dan anaknya. Nahhh,, sangat bedakan proses penciptaan Adam as, Siti Hawa dan kita sebagai manusia kemudian,, Namun semua tidak terlepas dari hasil unsur alam yang oleh ke dua orang tua kita makan dan minum, dan itu berlanjut hingga sekarang.

Dari Siti Hawa hingga orang tua kita semuanya prosesnya sama, yaitu,, yang membedakan hanya proses, situasi dan kondisi

Misalnya, Adam as dalam sejarahnya Allah swt menyuruh Adam as diturunkan ke Bumi demikian pula Siti Hawa oleh sebab kesalah yang ia perbuat karena kena bujuk rayu saiton, Adam Dan Siti hawa baru dipertemukan kembali dalam kurun waktu 3000 tahun, setelah pertemuan Adam as dan Siti hawa di padang arpah kemudian mempunyai empat orang anak, dua laki-laki, dan dua perempuan seperti yang telah di uraikan di atas..

Begitu juga adanya kita sekarang oleh sebab pertemuan kedua orang tua kita yang saling mengasihi, menyangi, saling mencintai, kemudia di tikahkan kedua orang tua lalu bersatu berhubungan badan, hamil dan lahirlah kita sebagai anaknya.. 

Kita sekarang telah dewasa, pasti sudah banyak mendengar, membaca bahkan mungkin telah banyak menyaksikan berbagai kehidupan, diantaranya telah banyak menyaksikan wanita hamil dan melahirkan, dan bahkan mungkin juga sudah mengalami sendiri hamil sebagai seorang wanita dewasa dan seorang ayah yang bersusah payah mencari napkah demi buah hati yang dilatar belakangi oleh rasa cinta dan kasih sayang..

Lalu dari paparan tersebut diatas, apa hubungan dan korelasinya dengan judul Manusia dan Alam..korelasinya ialah,,Adam as dari Alam yang bernama tanah,  Sedangkan Siti hawa berasal dari yang namanya Tulang Rusuk Nabi Adam as, yang disebut nama hasil Alam, yaitu hasil dari tumbuh tumbuhan yang dimakan oleh Nabi Adam as. sebab tampa adanya yang dimakan olehnya, sudah barang tentu Nabi Adam tidak akan sehat dan berkembang, dan itu semua berlanjut hingga adanya kita sekarang iini.
.
Selanjutnya, dari paparan tersebut kita bisa mendapatkan ajaran, bimbingan dan ilmu pengetahuan tentang peran kedua orang tua, nenek, kake, dan seterusnya, agar kita semua senantiasa menghargai, menghormati serta mentaati beliau semua, sebab kalo tidak, mangka kita akan termasuk anak, manusia yang durhaka terhadapnya, sesuai pirman Allah swt,kami tidak akan memaafkan kamu sekalian apa bila kamu tidak di maafkan oleh ke dua orang tua kamu, dan kita tidak akan menjadi anak yang sholeh dan solehah, kalo kita membangkang kepada kedua orang tua, dan kami tidak akan mengabulkan sega permohonan apabila kamu tidak di maafkan oleh ke dua orang tua mu,,, audzulilah himindalik... itulah ini tujuan paparan diatas. 

Pengaruh Alam terhadap pisik, karakter dan kepribadian

Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan kita , baik dalam diri kita atau diluar diri kita yang terkadang tidak terasa membawa perubahan terhadap perilaku dan cara berpikir kita, terkadang datangnya tiba-tiba menghentak tidak mengenakan dan menyiksa serta meresahkan hati mengganggu pikiran kita. Sebagai manusia terkadang kita lalai menjaga dan mengamati pentingnya menjaga kebersihan, kesetabilam serta kelestarian alam, yang merupakan sumber segala kehidupan dan yang dapat dijadikan contoh serta bukti nyata sebagai bahan introspeksi, mawasdiri dalam menjaga lingkungan, terlebih lagi apabila kita sedang ditimpa cobaan dan bencana alam, baik yang datang dari yang bernama Air dengan banjirnya, bumi dengan longssornya, kekeringan dengan panasnya, juga puting beliung dengan udaranya yang bisa mengganggu terhadap kesetabilan, kondisi kesehatan baik pisik maupun secara sikis.  

Nama- nama dan Nama,,,, Itulah sumber dari segala sumber keramaian dan sumber segala ilmu pengetahuan yang sekarang sedang kita dengar, kita lihat, kita tempati, didalam nama-nama itulah kita semua sedaang menjalani hidup  dan menikmat hidup, namun tidak sedikit orang yang mengabaikan terhadap nama nama tersebut.  Nama-Nama apa sih,, dan dimanakah nama-nama tersebut ? ??????

Alam Alam ya Alam itulah nama yang lazim disebut oleh segenap mahluk hidup khususnya bagi manusia. Tanah, Air, Udara dan Api itulah nama-nama yang disebut alam sumber dari segala sumber kehidupan dan keramaian, yang menjadikan segala sumber ilmu dan segala sumber kehidupan, seperti yang telah dipaparkan dari awal. sesuai dengan judulnya yaitu Manusia dan Alam

Alam,, Ya  Alam,,,, begitu hebatnya alam, tidak ada satu mahluk hiduppun yang dapat terlepas dari padanya, dari mulai mahluk hidup sekecil nyamuk, lalat, ulat serta cacing yang menjijikan termasuk manusia yang gagah berani dan sempurna kesemuanya membutuhkan alam, tidak ada yang dapat terhindar dari kepastian alam, jika alam menghendaki apapun bisa terjadi dan tidak ada satu mahluk yang dapat menghetikannya, begitu pula siklus kehidupan manusia, kalo sudah kena seleksi alam, semuanya hanya bisa menyesali, berkeluh kesah tidak sedikit yang menyadiri, dan bersyukur bagi mereka yang beriman.

Alam memiliki Nama , Bentuk, Rupa dan Karakter atau pungsi yang berbeda beda satu sama lain sebagai bentuk sunattuloh.

Mengenal Alam sejak dini
Sejak lahir kita sudah diperkenalkan kepada alam oleh kedua orang tua kita, dan bahkan mungkin ketika kita masih dalam kandunganpun kita secara tidak laansung, disadari atau tidak orang tua kita suddah memperkenalkan kita terhadap alam, itu semua dapat kita ketahui bersama dengan perumpamaan.

Misalnya, ketika ibu kita sedang hamil, tidak terasa ibu kita pasti mandi, main ke laut, ujan-ujanan, pergi kepantai, kegunung, jemur badan, bahkan mungkin suka melihat atau nonton yang kebakaran, lihat longsor, dan makan makanan segala yang kesemuanya adalah dari  hasil alam. dan itu semua sangat mempengaruhi baik pisik ibunya yang sedang mengandung maupun pisik si janin yang dikandungnya, dan itu semua terlihat dengan kasat mata pisik si ibu yang semangkin membesar kandungannya, mencerminkan si janin pun demikian.

Kemudian mari kita perhatikan bersama, ketika si ibu melahirkan anaknya, begitu sijanin keluar dari kandungannya, pertama terliha perut si ibu yang tadinya terlihat buncit sekarang sudah mengecil, kemudia terdengar suara tangisan si jabang bayi, kalo si jabang bayi tidak menangis pada umumnya si bidan suka ngepuk ngepuk si bayi supaya nangis.

Setelah sibayi mengais kemudian si bidan memandikannya, dan langsung si bayi di selimuti dengan rapat dan si tidur yang seakan-akan bayi masih merasa dalam kandungan ibunya tidak menangis, cuman sekali-kali terlihat senyum senang dan tidur pulas sekali-kali bangun menangis dan kemudian tidur lagi, itulah perilaku janin danhampir semua janin demikian.

Mulai interaksi anak dan orang tua
Unik dan menariknya mengamati mulai munculnya permasalah anak dan orang tua sejak mulai adanya interaksi anak, alam, bidan dan kedua orang tua. si bayi yang awalnya tidak  rewel kerjaannya hanya tidur sekali-kali nangis menguap ngantuk dan tidur lagi, namun setelah sibidan yang memangil ibu si bayi menyuruh supaya segera menyusui bayinya, lalu si ibu pun bergegas menghampiri si bayi dengan perasaan riang senang , si ibu menghampiri bayi langsung digendongnya serta menyusui dengan disaksikan si ayah sambil sekali-kali tersenyum lebar, si bayipun turut tersenyum yang seolah-olah mengerti, dari situlah mulai adanya interaksi perasaan si bayi dan si ibu mengenal kasih dan sayang orang tua sejak diluar kandungan.

Setelah dirasa cukup menyusuinya, kemudian si ibupun menidurkan kembali si bayi dengan hati yang lega dan gembira melihat buah hatinya tidur begitu nyenyak, begitu seterusnya perjalanan si ibu dalam beberapa jam dan beberapa hari. Selang beberapa hari kemudian tibaaa-tiba si bayi rewel dan menangis dengan tidak henti hentinya si ibu mulai panik, sebab si bayi nolak disusui, di kepok-kepok pantatnya si bayi nangisnya malah menjadi-jadi.

Bidan dan tindakan. Karena mendengar tangisan bayi lalu salah satu dari bidan yang sedang bertugas datang menghaampiri si ibu bayi, sambil mengatakan. Bu mungkin ngompol coba di raba popoknya basah tidak saut si bidan, kalo basah cepet diganti popoknya sahut si bidan pergi, lalu si ibupun dengan rasa malu meraba popok si bayi, karena popoknya basah kemudian si ibu pun menggantinya, lalu si bayi pun berhenti menangisnya, dari situlah mulai adanya interkasi anak dan ibu, anak dan hasil alam yang dimakan serta diminum oleh ke dua orang tua dari hal tersebut baik si ibu maupun si ayah mendapat beberapa pelajaran, yaitu pelajaran bagaaimana menyusui anak,pelajaran bagaimana menangani anak nangis dan mengetahui proses pembentukan watak, sifat dan karakter anak. Artinya { disitulah kita mulai melihat, mengetahui perubahan watak, sifat dan karakter anak. Anak bayi saja, setelah mengetahui tentang enak dan tidak enak protes dengan cara menangis. Mangka dari itu, kita jaangan kaget kalo hingga saat ini ada orang yang sedang merasakan enak dengan kecukpan harta benda dan jabatan tiddak mau turun, atau lengser dari jabatan dan takut susah. seperti riwayat Nabi Idris as yang ingin tahu neraka dan surga, namun setelah ia tahu neraka ia meminta disegerakan pulang, tetapi pada saat ia Nabi Idris mengetahui enaknya surga Nabi idris tidak mau pulang dan memilih meninggal di surga.

Proses pembentukan karakter secara alami sebagai bentuk sunattuloh : Nama, nama dan nama, Darisitulah awal mula pembentukan karakter anak, percaya atau tiddak, benar atau tidak, tapi begitulah kejadian dan pakta yang didapat dilapangan padasaat melakukan penelaahan, observasi dan penelitian meskipun penelitiannya tidak pormal, baik yang melalui teori induktif maupun deduktip yang dilakukan oleh penemu sekaligus pencipta Namephologyid. 

Setelah bayi berusia hampir masuk empat puluh hari, kemudia si ayah dan si ibu bayi termasuk kake dan neneknya bersepakat untuk memberi nama bayi, seiring berjalannya waktu, si janin lahir sudah barang tentu sekarang sudah ada bentuk, rupa kemudian berubah nama menjadi bayi bukan lagi janin, dari bayi kemudia disebut anak sebagai nama sebutan tetapi bukan bukan sebagai nama panggilan, Setelah diberi sebutan anak kemudian diberinama sebutan sekaligus sebagai nama panggilan. Menurut sepengetahuan saya dalam Agama Islam pada umumnya, pada saat pemberian nama atau menetapkan nama anak suka bersaamaan dengan melaksanakan aqikah. pada pelaksaan aqikah mereka yang memiliki harta yang cukup biasanya dengan cara menyembelih domba, jika anaknya laki-laki maka aqikahnya dua ekor domba, dan jika anak yang diberinama adalah perempuan biasanya dombanya satu ekor. 

Penetapan nama. Pada saat menetapkan nama dan melaksanakan aqikah, biasa dipimpin oleh seorang ustad untuk menyampaikan berbagai keterangan yang berhubungan dengan anak, orang tua serta keinginan kedua orang tua kelak kemudian hari si anak, sekaligus membacakan kitab Al, Berjanji, Namun sebelum mulai membaca Al Berjanji, terlebih dahulu ustad memimpin untuk membacakan beberapa surat dalam Alqur'an , kemudian barulah dilanjutkan dengan membaca kitab Al berjanji yang tidak lupa di awali dengan membaca Taud dan Bismilah kemudian ( aptadu imla bismiddattil aaliahhh, yang artinya kurang labih ialah : dengan menetapkan nama terhadap wujud anak semoga nama yang ditetapkan senantiasa membawa berkah.: ( Muntarirow paidol barokatul amalahu lahaolaaaaaaa,,,, dengan mengharaf berkah amal-amal dari nama, dan bahwa kami semua tidak ada daya dan upaya.
  
Setelah penetapan nama. Anak tersebut akan mulai terlihat perubahannya yang itu semua merupakan  sebagai bentuk sunattuloh yang menempel menjadi sifat, karakter dasar anak, dan itu bisa dilihat pertama-tama dari kebiasaan anak, misalnya. Sebelum anak itu diberi nama, anak tersebut tidak rewel, mengapa setelah diberina nama anak tersebut suka panas, tidak mau digendong sama orang lain dan banyak banyak lagi yang dapat kita lihat sebagai bentuk perubahan sifat, karakter dan kepribadian anak. Kemudian anak mengenal imunisasi sinak ada yang sadrah diam, ada yang ngamuk ngamuk, ada yang nangis aja, ada yang panasnya lama sehingga membuat kedua orang tua dan kake neneknya panik marah-marah dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, anak tersebbut pun mulai telihat membesar ada yang terlihat gemuk, kurus, pendek dan panjang serta mulai melihat dan mendengar dan sekali-kali terdengar teriak yang seolah olah sudah tahu nama, jika dipangil-pangil sekali-kali suka meririk sambil tersenyum membahagiakan kesua orang tua dan yang menyaksikannya.

Dan yang lebih menariknya dari pembentukan karakter anak yang bersifat alami yang terkadang tidak kita sadari, ada orang tua, atau anak yang memiliki karakter atau sifat seperti bernama Tanah, Bumi Air, Udara dan Api yang itu semua sangat mempengaruhi sifat dasar karakter dan kepribadin setia individu manusia dan itu semua merupakan cerminan karakter dasar setiap individu manusia seperti yang sekarang kita ketahui bersama, kalo kita masuk kerja atau melamar pekerjaan ke suatu perusahaan, maka si perusahaan tersebut suka melakukan psikotes terlebih dahulu sebelum masuk ketahapan selanjutnya, salah satu ilmu yang beredar disetiap perusahaan untuk melakukan test atau rekrutmen karyawan ialah menggunakan  DISC atau the big Five, yaitu ilmu psikologi kepribadian. untuk menentukan cocok tidaknya, untuk mengetahui karakter dan kepribadian untuk penempatan tugas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Batu adalah nama benda yang berwujud padat dan bentuknya baru akan dapat berubah jika ada pengaruh atau tekanan secara eksternal. Batu merupakan benda mati sehingga tidak ada ciri-ciri mahluk hidup, batu juga memiliki beragam tektur bergaantung dari jenis batu itu sendiri, keberadaan batu muncul melalui proses alamiah suatu mineral, batu memiliki peran yang tidak terlepaskan dalam alam, Batu merupakan benda yang keberedaannya melewati berbagai zaman di alam semesta.

Pembahasan

                                Eart, Fire, Air and Water

Batu adalah nama suatu benda yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. Keberadaan batu sangat peting bagi kelangsungan alam  juga kehidupan manusia juga sangat penting bagi pembangunan baik mental maupun sepiritual. Dalam keilmuan, batu dipelajari dalam ilmu geologi. Seringkali kita juga menemukan istilah batu dan bebatuan, perbedaan kedua hal ini hanya sebutan untuk kuantitasnya. Batu adalah sebutan tunggal dan bebatuan adalah kumpulan batu. Batu sebagai benda yang tersusun secara alami melalui proses yang melibatkan mineral dan berbagai partikel kimia dapat diklasifikan menjadi empat yaitu menurut kandungan, struktur, tekstur, dan proses pembentukan. Keberadaan batu yang melewati berbagai zaman di alam semesta membuatnya juga erat hubungannya dengan fosil serta gambaran dan cermin karakter dasar manusia sebagai mahluk hidup. 

Tanah

Tanah (bahasa Yunani: pedon; bahasa Latin: solum) adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar.

Tanah berasal dari pelapukan batu dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika kimia dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut 
Tanah terbentuk dari batuan dan batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan yaitu proses hancurnya batuan menjadi tanah.. Batuan dapat mengalami pelapukan karena berbagai faktor, di antaranya cuaca dan kegiatan makhluk hidup. Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan.
Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika. Adapun makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan, misalnya pepohonan dan lumut yang disebut pelapukan biologi.Tanah terbentuk dari beberapa faktor batuan iklim,jazad hidup topografi dan waktu. Adanya berbagai perbedaan dari faktor-faktor tersebut, maka proses pelapukan dan pembentukan tanah berbeda-beda. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan jenis tanah antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Komponen

Komponen Tanah adalah susunan dari proses terjadinya tanah. Tanah bukan merupakan timbunan bahan padat dalam sistem yang mati dan statis, namun merupakan suatu sistem yang dinamis dan hidup yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setiap tanah tersusun dari bahan mineral/anorganik, bahan organik , air tanah dan udara. Bahan mineral berasal dari hasil pelapukan batuan , sedangkan bahan organik berasal dari hasil penguraian organisme yang mati. Namun demikian perbandingan masing-masing bahan komponen penyusun tanah itu berbeda-beda pada setiap tanah dan berubah-ubah setiap saat. Untuk perbandingan komponen tanah yang baik yang dibutuhkan tanaman secara idealnya adalah bahan mineral 45% , bahan organik 5%, air 25% dan udara 25%.

Jenis-Jenis Organisme

Di dalam tanah terdapat jenis-jenis organisme tanah yang mempunyai fungsi dalam mata rantai kehidupan Organisme yang terdapat di dalam tanah , ada beberapa jenis diantaranya adalah: pemecah bahan organik seperti tungau , kumbang, dan collembola yang memecah-mecah bahan organic yang besar menjadi bagian-bagian kecil, pembusuk bahan organik seperti jamur dan bakteri yang memecahkan bahan-bahan cellular.

Pengikat hara yang hidup bebas seperti alga dan azotobakter mengikat hara di dalam tanah. Pembangun struktur tanah seperti akar tanaman, cacing tanah, ulat-ulat, dan jamur semuanya membantu mengikat partikel-partikel tanah sehingga struktur tanah menjadi stabil dan tahan terhadap erosi. patogen seperti jenis jamur tertentu, bakteri dan nematoda dapat menyerang jaringan tanaman. Predator atau pemangsa, termasuk protozoa, nematoda parasite dan jenis jamur tertentu, semuanya memangsa organisme tanah yang lain sebagai sumber makanan mereka.

Karakteristik

Tubuh tanah (solum) tidak lain adalah batuan yang melapuk dan mengalami proses pembentukan lanjutan. Usia tanah yang ditemukan saat ini tidak ada yang lebih tua daripada periode Tersier dan kebanyakan terbentuk dari masa Pleistosen.

Tanah organik berwarna hitam dan merupakan pembentuk utama lahan gambut dan kelak dapat menjadi batu bara Tanah organik cenderung memiliki keasaman tinggi karena mengandung beberapa asam organik (substansi humik) hasil dekomposisi berbagai bahan organik. Kelompok tanah ini biasanya miskin mineral, pasokan mineral berasal dari aliran air atau hasil dekomposisi jaringan makhluk hidup. Tanah organik dapat ditanami karena memiliki sifat fisik gembur (sarang) sehingga mampu menyimpan cukup air namun karena memiliki keasaman tinggi sebagian besar tanaman pangan akan memberikan hasil terbatas dan di bawah capaian optium
Tanah non-organik didominasa oleh mineral. Mineral ini membentuk partikel pembentuk tanah. tektur tanah demikian ditentukan oleh komposisi tiga partikel pembentuk tanah: pasir (debu), dan lempung. Tanah pasiran didominasi oleh pasir, tanah lempungan didominasi oleh lempung. Tanah dengan komposisi pasir, lanau, dan lempung yang seimbang dikenal sebagai geluh (loam).
Warna tanah merupakan ciri utama yang paling mudah diingat orang. Warna tanah sangat bervariasi, mulai dari hitam kelam, coklat, merah bata, jingga, kuning, hingga putih. Selain itu, tanah dapat memiliki lapisan-lapisan dengan perbedaan warna yang kontras sebagai akibat proses kimia (pengasaman) atau pencucian (leaching). Tanah berwarna hitam atau gelap sering kali menandakan kehadiran bahan organik yang tinggi, baik karena pelapukan vegetasi maupun proses pengendapan di rawa-rawa 
Warna gelap juga dapat disebabkan oleh kehadiran mangan, belerang dan nitrogen, Warna tanah kemerahan atau kekuningan biasanya disebabkan kandungan besi terosedasi yang tinggi; warna yang berbeda terjadi karena pengaruh kondisi proses kimia pembentukannya. Suasana aerobik, oksidatif menghasilkan warna yang seragam atau perubahan warna bertahap, sedangkan suasana aenorobik, reduktif membawa pada pola warna yang bertotol-totol atau warna yang terkonsentrasi.

struktur tanah merupakan karakteristik fisik tanah yang terbentuk dari komposisi antara agregat (butir) tanah dan ruang antaragregat. Tanah tersusun dari tiga fase: fase padatan, fase cair, dan fase gas. Fasa cair dan gas mengisi ruang antaragregat. Struktur tanah tergantung dari imbangan ketiga faktor penyusun ini. Ruang antaragregat disebut sebagai porus (jamak pori). Struktur tanah baik bagi perakaran apabila pori berukuran besar (makropori) terisi udara dan pori berukuran kecil (mikropori) terisi air. Tanah yang gembur (sarang) memiliki agregat yang cukup besar dengan makropori dan mikropori yang seimbang. Tanah menjadi semakin liat apabila berlebihan kadar lempungnya sehingga kekurangan makropori.

Manfaat

Manfaat tanah bagi kehidupan manusia antara lain tanah sebagai lahan, bahan baku industri dan sumber energi.
1. Tanah sebagai lahan , dimanfaatkan untuk pemukiman lahan industri, lahan pertanian dan lain-lain.
2. Tanah sebagai bahan mentah industri antara lain : Tanah liat, lempung merupakan bahan pembutan gerabah, bahan baku semen, bahan bangunan (genteng, bata), lumpur untuk pengeboran minyak, cetakan pengecoran besi. Tanah kaolin sejenis liat, lunak, warnanya putih/kuning/abu-abu kaya aluminium silikat dan dapat digunakan untuk bahan baku kertas, tekstil, kimia dan keramik.dan yang lebih menariknya dengan paparan diatas ialah bahwa itu semua merupakan cermin karakter Manusia.:

Karakter alam yang bernama batu, tanah, Air, Udara dan api merupakan cerminkan adanya karakter manusia yang salah satunya seperti karakter batu tanah, yang keras dan sulit menerima saran, pandangan, pendapat dari orang lain dan tidak muddah berubah sebelum kena batunya.

Namephologyid bukan nama bidang ilmu kepribadian, akan tetapi Namephologyid adalah nama bidang ilmu membaca karakter dasar manusia yang dibawa sejak si bayi lahir dan  diberi nama. Namephologyid Selain nama bidang ilmu membaca karakter dasar manusia Namephologyid juga nama bidang ilmu membaca kondisi serta hubungan antar individu.

Earth Character (Tanah dan Batu)  adalah dua dari sekian banyak nama alam yang keberadaannya sangat mudah kita temui dan kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bukan saja mudah kita temui dan kita jumpai, akan tetapi juga kita tidak akan dapat terlepas dari padanya tanah,, terkadang kita semua tidak menyadari bahwa tanah dan batu yang kita injak, kita tendang, kita gunakan sebagai pondasi, dinding serta lantai rumah dan tak ketinggalan digunakan hanya sebatas ganjal ban dan bermain beraktivitas, ternyata baik tanah maupun batu merupakan lambang karakter kita sebagai manusia, coba saja bayangkan serta kita renungkan tanah dan batu yang selama ini kita injak dan kita tendang kita sepelekan ternya itu semua adalah carmin karakter kita sebagai manusia.

Dengan paparan tersebut diatas, mangka kita sebagai manusia jangan kaget dan jangan terkejut kalo dalam kehidupan sehar-hari kita baik disekolah, dilingkungan kerja, dirumah, dimana saja kita beraktivitas akan selalu menjumpai teman, pacar, bawahan, atasan, anak, suami, istri dan pimpinan yang memiliki karakter bumi, tanah atau batu sebagai barikut ini :

Negatifnya bagi mereka yang memiliki karakter Tanah, Batu  : 

Negatifnya Individu yang memiliki Karakter Batu atau Tanah ialah sebagai berikut : keras kepala, egois, susah menerima masukan atau saran dari luar, sulit berubah dan tidak gampang menerima saran serta pendapat orang lain, cenderung apa kata hati dia, mengabaikan akal sehat atau logika, dia suka kekeh terhadap pendapatnya sendiri hatinya dan baru akan berubah kalo sudah kena batunya. Lebih lebih mereka memiliki karakter Tanah batu mereka ibaratkan orang yang berkendaraan kalo ia mau belok tidak pernah lihat kiri kanan, tidak peduli terhadap orang lain, yang penting gimana kita 

Positifnya bagi mereka yang memiliki karakter Tanah, Batu :

Positifnya mereka yang memiliki karakter batu atau tanah ialah, kuat dan teguh pendirian, tidak mudah berubah, tidak mudah putus asa, selalu kuat penuh harapan dalam usaha. Artinya karakter yang demikian kalo saja isinya bagus maka hasilnya pun akan bagus, mengapa, karena ia telah memiliki keteguhan dalam dirinya.

Water. Character. karakter air

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. ... Air bersih penting bagi kehidupan manusia., karena air dapat melarutkan berbagai macam zat. berbagai larutan/cairan yg ada secara umum mengandung air walau sedikit. karena itulah maka fungsi air sebagai pelarut menjadi umum atau universal.

Pengertian air – air adalah salah unsur yang sangat penting yang ada di bumi serta sangat dibutuhkan untuk kehidupan semua jenis makhluk hidup. Oleh sebab itu air sendiri sering disebut sebagai sumber kehidupan yang mana disitu ada air maka disitu pula terdapat sebuah kehidupan.

Tidak hanya itu saja, air juga memiliki fungsi lain salah satunya seperti untuk menyembuhkan suatu penyakit. Contohnya ialah air Milagros, yang merupakan air alkali super stabil dengan kandungan Ph > 9.8. dan kadungan dalam air Milagros tersebut mendekati kandungan dari air zam – zam.

Selain itu air juga sangat penting serta diperlukan oleh manusia, karena jika kekurangan air pada tubuh bisa meyebabkan dehidrasi, karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada berbagai fungsi dari air tersebut, sedangkan tubuh manusia belum mengembangkan system penyimpanan air sebagai penyimpan lemak.

positif negatifnya mereka yang memiliki karakter seperti Air....

'' Mabal'' 

Manusia, Alam, Budaya, Agama dan Logika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar